0
Your Cart
No products in the cart.

Refund & Return Policy


Kebijakan Pengembalian di e-UMKM Indonesia

 

  1. DEFINISI


    “Anda/Customer” berarti setiap pengunjung, pengguna, dan pelanggan dari e-UMKM Indonesia.

    “Kami” berarti e-UMKM atau atas nama Indonesia Maju Group Companies.

    “Perusahaan Jasa Pengiriman” berarti penyedia jasa kirim untuk dokumen/produk yang Anda beli.

    “Produk/Layanan” berarti sebuah produk atau layanan yang Anda beli melalui e-UMKM Indonesia.


  2. RETURN POLICY


    Semua penjualan dianggap selesai setelah dibayar, dan tidak ada penukaran atau pengembalian yang diijinkan dengan alasan apapun. Namun, jika Anda menemukan cacat kiriman yang Anda terima, segera hubungi Customer Service melalui email cs@e-umkm.my.id dengan menyertakan rekaman video dan foto saat membuka paket dokumen atau barang tersebut. Atau melakukan klaim secara mandiri pada jasa kirim yang Anda/kami pilihkan.

    Jangka waktu konfirmasi atas kerusakan dokumen atau barang adalah maksimal 3 hari sejak produk diterima dan masih terdapat QR/Barcode resmi dari kami.

    Penukaran atau pengembalian barang diijinkan jika tidak lagi terdapat produk pengganti yang sama dengan produk yang Anda pilih. Jika masih terdapat produk yang sama atau serupa, maka akan dilakukan penukaran atas produk tersebut. Namun, jika tidak lagi terdapat produk pengganti yang sama dengan produk yang dibeli oleh Anda, maka Anda diijinkan untuk mengganti dengan produk lain (selama tersedia) dengan mengikuti harga yang berlaku saat Anda membeli produk sebelumnya ditambah selisih biaya lainnya yang muncul kemudian.

    Jika produk pengganti yang dipilih memiliki harga lebih tinggi dari harga produk yang dibayarkan sebelumnya, maka Anda diwajibkan untuk membayar kekurangan biaya tersebut, namun jika produk pengganti yang dipilih memiliki harga lebih rendah dari harga yang dibayarkan sebelumnya, maka e-UMKM Indonesia akan mengembalikan kelebihan dana tersebut melalui bank transfer atau kartu kredit Anda dikurangi selisih biaya lainnya yang muncul kemudian.

    Proses penukaran dan pengiriman produk pengganti akan dilakukan dengan terlebih dahulu menarik produk yang berada di tangan Anda dengan mendatangkan 1 orang kurir ke lokasi dan waktu yang disetujui oleh Anda. Tanpa penarikan terlebih dahulu, maka tidak diijinkan adanya penukaran dan pengiriman produk/layanan pengganti.


  3. REFUND POLICY

    e-UMKM Indonesia mengijinkan adanya proses refund atau pengembalian dana dengan ketentuan bahwa produk atau layanan yang dibeli customer ada dalam keadaan cacat pembuatan dan tidak tersedianya layanan atau produk pengganti. Namun ini tak berlaku bila ada cacat dalam pengiriman yang menjadi tanggung jawab penuh jasa kirim.

Proses refund / pengembalian dana terbagi ke dalam 2 metode, yaitu:

1. Pembayaran dengan metode kartu kredit.

Bila customer melakukan pembayaran transaksi dengan metode kartu kredit, maka e-UMKM Indonesia akan melakukan pengajuan pembatalan transaksi dan pengembalian limit kartu kredit customer ke bank bersangkutan selama 30 hari kerja.

2. Pembayaran dengan metode paylater.

Bila customer melakukan pembayaran transaksi dengan metode paylater, maka e-UMKM Indonesia akan melakukan pengajuan pembatalan transaksi dan pengembalian limit paylater customer ke agregator yang Anda gunakan dalam bertransaksi selama 30 hari kerja.

3. Pembayaran dengan metode bank transfer dan lainnya selain kartu kredit & paylater.

Bila customer melakukan pembayaran transaksi dengan metode bank transfer, maka e-UMKM Indonesia akan melakukan pengembalian keseluruhan dana dengan mentransfer ke rekening customer yang bersangkutan.

Proses refund / pengembalian dana akan dilakukan dengan terlebih dahulu menarik produk yang berada di tangan customer dengan mendatangkan 1 orang kurir ke lokasi dan waktu yang disetujui oleh Anda. Tanpa penarikan terlebih dahulu, maka tidak diijinkan adanya refund / pengembalian dana.

e-UMKM Indonesia tidak akan melakukan proses refund / pengembalian dana sebelum adanya penerimaan produk e-UMKM kembali ke kantor operasional kami.

Segala proses refund / pengembalian dana baik itu dengan pengembalian limit kartu kredit maupun bank transfer akan diproses dengan maksimal pengerjaan 30 hari kerja.


Effective date: November 24, 2023
Last Updated: November 24, 2023